Tanya Jawab

Di halaman ini disediakan ruang untuk bertanya bagi para pengunjung dan yang bisa menjawab dipersilakan menjawab. Mohon kiranya pertanyaan dibatasi hanya seputar kebahasa-Indonesiaan.

Dipersilakan mengisi kolom komentar di bawah ini untuk mengajukan pertanyaan.

Terima kasih atas perhatiannya.

Admin

10 Responses to "Tanya Jawab"

  1. Apa yang di maksud dengan bahasa baku

    BalasHapus
  2. Sebutan yang paling sesuai menurut kaidah bahasa Indonesia untuk menyebut lembaga ini:
    'Badan Arsip Daerah' atau 'Badan Kearsipan Daerah'.
    Saya menunggu jawabannya. Terima kasih.

    BalasHapus
  3. Ekonomi rakyat adalah “kegiatan ekonomi rakyat banyak” . Jika dikaitkan dengan kegiatan pertanian, maka yang dimaksud dengan kegiatan ekonomi rakyat adalah kegiatan ekonomi petani atau peternak atau nelayan kecil, petani gurem, petani tanpa tanah, nelayan tanpa perahu, dan sejenisnya; dan bukan perkebunan atau peternak besar atau MNC pertanian, dan sejenisnya.
    Perspektif lain dari ekonomi rakyat dapat pula dilihat dengan menggunakan perspektif jargon: “ekonomi dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat”
    “Dari rakyat”, berarti kegiatan ekonomi itu berkaitan dengan penguasaan rakyat dan aksesibilitas rakyat terhadap sumberdaya ekonomi. Rakyat menguasai dan memiliki hak atas sumberdaya untuk mendukung kegiatan produktif dan konsumtifnya.
    “Oleh rakyat”, berarti proses produksi dan konsumsi dilakukan dan diputuskan oleh rakyat. Rakyat memiliki hak atas pengelolaan proses produktif dan konsumtif tersebut. Berkaitan dengan sumberdaya (produktif dan konsumtif), rakyat memiliki alternatif untuk memilih dan menentukan sistem pemanfaatan, seperti berapa banyak jumlah yang harus dimanfaatkan, siapa yang memanfaatkan, bagaimana proses pemanfaatannya, bagaimana menjaga kelestarian bagi proses pemanfaatan berikutnya, dan sebagainya.
    “Untuk rakyat”, berarti rakyat banyak merupakan ‘beneficiaries utama dari setiap kegiatan produksi dan konsumsi. Rakyat menerima manfaat, dan indikator kemantaatan paling utama adalah kepentingan rakyat.
    Dalam hal ini perlu pula dikemukakan bahwa ekonomi rakyat dapat berkaitan “dengan siapa saja”, dalam arti kegiatan transaksi dapat dilakukan juga dengan “non-ekonomi-rakyat”. Juga tidak ada pembatasan mengenai besaran, jenis produk, sifat usaha, permodalan, dan sebagainya. Ekonomi rakyat tidak eksklusif tetapi inklusif dan terbuka. Walaupun demikian, sifat fundamental diatas telah pula menciptakan suatu sistem ekonomi yang terdiri dari pelaku ekonomi, mekanisme transaksi, norma dan kesepakatan (“rule of the game”) yang khas, yang umumnya telah memfasilitasi ekonomi rakyat untuk survive dan berkembang sejalan dengan perkembangan sosial ekonomi masyarakatnya.

    carikan kaidahnya

    BalasHapus
  4. mau tanya dong, bakunya apa ya dari "Surat Perolehan Keuntungan" ???

    BalasHapus
  5. Korban banjir kekurangan bahan makanan.

    Saran yang tepat untuk pernyataan diatas adalah sebaiknya kita ........

    BalasHapus
  6. Mana yang benar : Alumni SD Pangudi Luhur Solo 1977 atau Alumni 1977 SD Pangudi Luhur Solo?

    BalasHapus
  7. Dimana biasanya diadakan seminar ?

    BalasHapus
  8. Tolong buat kan teks eksposisi kak besok di kumpul tolong di buat sendiri jng nyari di google tolong bngt kak

    BalasHapus
  9. Apa bedanya Emas 100 gram dengan 100 gram emas.

    BalasHapus