Resensi Buku: Bahasa Indonesia Untuk Perguruan Tinggi



Deskripsi Buku

Sobat Bahasa,

Bahasa merupakan alat komunikasi sosial yang berupa sistem simbol bunyi yang dihasilkan dari ucapan manusia. Manusia sebagai makhluk sosial membutuhkan sarana untuk berinteraksi dengan manusia lainnya di masyarakat. Untuk kepentingan interaksi sosial itu, maka dibutuhkan suatu wahana komunikasi yang disebut bahasa.

Bahasa juga adalah kemampuan yang dimiliki manusia untuk berkomunikasi dengan manusia lainnya menggunakan tanda, misalnya kata dan gerakan. Kajian ilmiah bahasa disebut ilmu linguistik. Perkiraan jumlah bahasa di dunia beragam antara 6.000–7.000 bahasa. Termasuk di negara kita Indonesia, yaitu bahasa Indonesia yang wajib kalian ketahui tata bahasa dan aturan-aturan penulisannya.

Bahasa Indonesia merupakan bahasa nasional dan bahasa negara. Bahasa Indonesia wajib dijunjung tinggi keberadaannya. Sejarah menunjukkan bahwa bahasa Indonesia telah berperan penting dalam menyatukan seluruh rakyat Indonesia. Munculnya mata kuliah Bahasa Indonesia di berbagai jurusan atau program studi merupakan salah satu upaya pemertahanan dan pemeliharaan Bahasa Indonesia. Selain itu, mata kuliah ini diharapkan mampu mengembangkan kepribadian mahasiswa terutama dalam hal keterampilan berbahasa. Buku ini disusun untuk memenuhi kebutuhan materi perkuliahan bahasa Indonesia di perguruan tinggi. Sebenarnya sudah ada beberapa buku serupa yang telah ditulis dan diterbitkan. Namun, beberapa buku yang sudah terbit itu tidak menyajikan cakupan materi yang lengkap, yang sesuai dengan tuntutan kurikulum perguruan tinggi, yakni kurikulum 2014 dan KKNI.


Keterangan buku fisik :

Judul : Bahasa Indonesia Untuk Perguruan Tinggi
Penulis : Rini Damayanti, S.Pd., M.Hum. & Tri Indrayanti S.Pd, M.Pd
Penerbit : Victory Agency
Terbit : 11 Oktober 2015
ISBN : 9786028228862


Sumber: Gramedia

Posting Komentar untuk "Resensi Buku: Bahasa Indonesia Untuk Perguruan Tinggi"