Tinjauan Tulisan: Gunakan Pintu Lobby Utama


Sobat Bahasa, Kata Baku adalah kata yang sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia. Rujukan utama dalam pemakaian kata baku yaitu Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang terbit mutakhir atau disingkat KBBI.

Yuk Sobat Bahasa, kali ini kita tinjau kata-kata yang ada di gambar atas Gunakan Pintu Lobby Utama , khususnya pada penggunaan kata LOBBY.

Kalau kita cari kata LOBI dalam KBBI, diperoleh hasil sebagai berikut:

lo.bi

1. n ruang teras di dekat pintu masuk hotel (bioskop dan sebagainya), dilengkapi dengan perangkat meja kursi, berfungsi sebagai ruang duduk atau ruang tunggu

2. n kegiatan yang dilakukan seseorang untuk memengaruhi orang lain dalam kaitannya dengan pemungutan suara menjelang pemilihan ketua suatu organisasi, seperti parlemen dan partai politik

3. n Sen area di gedung teater di antara auditorium dan pintu masuk

Dalam istilah Arsitektur, Lobi adalah tempat utama yang dapat didatangi orang pada sebuah bangunan atau gedung.

Lobi mengacu pada ruangan utama di dalam bangunan yang menjadi tujuan pertama ketika orang datang ke bangunan tersebut.

Jika dilihat dari asal katanya, lobi berasal dari bahasa Latin yaitu ‘lobium’. Berarti, lobby adalah berjalan tertutup, atau serambi. Sebuah lobi juga merujuk padai ruang depan, ruang tunggu atau foyer.

Istilah ini sudah digunakan sejak tahun 1640 sebagai ruangan masuk yang besar dalam gedung umum. Selain itu, lobi juga dapat digunakan khusus untuk menyebut besar ruang yang berdekatan dengan ruang legislatif.

Di mana ‘melobi’ dapat memiliki arti mengambil tempat atau berusaha mempengaruhi anggota legislatif. Dalam istilah Arsitektur, lobi adalah ruang peralihan yang umumnya menghubungkan pintu masuk gedung, terutama di hotel, apartemen, dan gedung perkantoran dengen ruang-ruang di dalamnya. 

Pada berbagai jenis bangunan, lobi adalah ruang utama yang menjadi tempat tujuan para tamu atau pengunjung agar bisa memperoleh akses sebelum memasuki ruangan lainnya. Misalnya, lobi hotel menjadi tempat para tamu untuk memperoleh kunci kamar.  

Maka dari itulah, biasanya lobi ditemukan di dekat pintu masuk ke gedung. Lobi gedung sering berfungsi sebagai “wajah publik” dari interior bangunan yang akan memberikan kesan pertama.

Lobi memiliki berbagai fungsi, adapun fungsi lobi adalah sebagai berikut ini:

  1. Menjadi pintu masuk yang digunakan untuk menyambut dan mengarahkan tamu atau pengunjung.
  2. Titik untuk mengontrol akses masuk.
  3. Ruang terakhir yang dilihat tamu sebelum meninggalkan gedung.
  4. Menjadi ruang tunggu, misalnya pada hotel atau apartemen. Sehingga area ini sering ditambahkan sejumlah furnitur seperti kursi atau sofa yang nyaman, dan meja.
  5. Desain dan fungsi lobi kantor saat ini telah berkembang menjadi ruang serbaguna. Banyak perusahaan menggunakan lobi sebagai tempat bersosialisasi, membuat rencana, dan mempersiapkan hari kerja. 
  6. Tempat yang digunakan public relation untuk membina hubungan baik dan membangun relasi dengan klien.
  7. Tempat dari segala informasi dan layanan yang dibutuhkan para tamu dan pengunjung.
  8. Menciptakan kesan pertama saat memasuki bangunan sehingga desain dan kenyamanannya harus diperhatikan.

Tata letak desain lobi adalah salah satu aspek terpenting yang harus diperhatikan, mengingat area ini akan menciptakan kesan pertama pada bangunan secara keseluruhan.

Lobi yang baik haruslah memperhatikan ruang sirkulasi dan perkiraan jumlah orang yang akan menggunakan lobi pada waktu tertentu.

Jadi dari penjelasan di atas, penulisan kata yang baku menurut kaidah bahasa Indonesia adalah “Gunakan Pintu Lobi Utama” bukan “Gunakan Pintu Lobby Utama”.


Sumber: https://www.pinhome.id/


Posting Komentar untuk "Tinjauan Tulisan: Gunakan Pintu Lobby Utama"