Penggunaan Kata Penjualan dan Pemasaran dalam Bahasa Indonesia

Kata bahasa Inggris "selling" dalam bahasa Indonesia dipadankan dengan penjualan, sedangkan kata bahasa Inggris "marketing" dipadankan dengan pemasaran. Secara sepintas kedua konsep itu seperti tidak berbeda. Akan tetapi, sebenarnya keduanya mempunyai perbedaan yang tajam. Konsep penjualan dimulai dengan produk yang sudah ada dan perlu dilakukan usaha keras agar tercapai penjualan yang menghasilkan laba.

Konsep pemasaran dimulai dengan sasaran pelanggan perusahaan, kemudian memadukan dan mengoordinasikan semua kegitan yang akan mempengaruhi kepuasan pelanggan sehingga perusahaan akan mencapai laba melalui upaya penciptaan dengan mempertahankan kepuasan pelanggan itu.

Berikut beberapa istilah yang erat kaitannya dengan penjualan dan pemasaran produk atau jasa.

  1. "Retailing" dipadankan dengan penjualan (secara) eceran. Semua kegiatan penjualan barang dan jasa untuk pemakaian pribadi/rumah tangga dilakukan secara langsung kepada konsumen akhir.
  2. "Franchising" dipadankan dengan waralaba, yakni salah satu tipe kepemilikan retailing dengan persetujuan kontrak oleh perusahaan induk dan perusahaan kecil. Di dalam persetujuan kontrak tersebut, perusahaan besar menjamin perusahaan kecil/individu (franchise) akan hak menjalankan usaha dalam kondisi tertentu. Salah satu keuntungan membeli franchise adalah perwaralaba tetap independen meskipun tidak sepenuhnya, tetapi memperoleh manfaat dari nama merek dan pengalaman dari jaringan franchising itu.
  3. "Multi Level Marketing (MLM)" dipadankan dengan pemasaran bertingkat, pemasaran berlapis, pemasaran berjenjang, atau piramida penjualan. MLM adalah salah satu variasi penjualan produk atau jasa dengan cara perekrutan distributor atau usahawan independen dan para distributor tersebut bertindak sebagai distributor untuk produk mereka. Selanjutnya, para distributor tersebut akan merekrut dan menjual barang kepada subdistributor yang akhirnya subdistributor akan merekrut orang lain lagi untuk menjual produk mereka. Imbalan yang akan diperoleh distributor adalah persentase penjualan terhadap total penjualan kelompok yang direkrut distributor tersebut. Hal itu berarti bahwa setiap distributor memperoleh manfaat dengan mengembangkan jaringan seluas-luasnya sehingga memperoleh pendapatan yang dihitung berdasarkan keaktifan jaringan.


Sumber : Buku Praktis Bahasa Indonesia

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Penggunaan Kata Penjualan dan Pemasaran dalam Bahasa Indonesia"

Posting Komentar