Mengenal apa itu Paragraf

Mengenal apa itu Paragraf

Paragraf atau alinea merupakan satuan bahasa yang terbentuk dari rangkaian kalimat yang saling berkaitan untuk menyampaikan satu gagasan atau ide.

Syarat-syarat Pembentukan Paragraf
1.Kesatuan
Yang dimaksud dengan dalam suatu paragraf adalah bahwa seluruh kalimat yang membina paragraf tersebut secara bersama-sama menyatakan satu pokok pikiran atau gagasan.

2.Koherensi
Koherensi atau kepaduan yang baik dapat diartikan dengan adanya keserasian hubungan timbal balik antarkalimat yang membentuk suatu paragraf.

Unsur-unsur Paragraf

1.Pikiran utama atau kalimat topik, yaitu pikiran yang menjiwai isi karangan. Pikiran Utama ini tertuang dalam kalimat utama. Dalam satu paragraf, pikiran utama umumnya hanya satu.
2.Pikiran penjelas yaitu pikiran yang menguraikan atau menjelaskan pikiran utama. Dalam suatu paragraf, pikiran penjelas tertuang dalam kalimat penjelas

Tipe-tipe Paragraf

Berdasarkan letak penempatan pikiran utama atau kalimat utama, terdapat tipe-tipe paragraf sebagai berikut:

1.Paragraf Deduktif
Paragraf ini memiliki kalimat utama (berupa pernyataan umum) di awal paragraf, lalu diikuti dengan kalimat penjelas.

2.Paragraf Induktif
Kebalikan dari Paragraf Deduktif, paragraf induktif diawali dengan kalimat-kalimat penjelas yang bersifat khusus. Jadi, kalimat utamanya berada di akhir.

3.Paragraf Campuran
Paragraf ini merupakan campuran antara deduktif dan induktif. Letak kalimat utama berada pada bagian awal dan akhir. Kalimat utama yang berada pada bagian akhir kalimat merupakan penegasan kembali hanya berusan  susunan kalimat yang sedikit berbeda.

4.Paragraf deseekriptif naratif
Pada paragraf ini letak kalimat utama tidak tercantum secara nyata. Temanya tersirat dalam keseluruhan paragraf.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal apa itu Paragraf"

Posting Komentar